·
Distribusi
Merupakan perpindahan barang
dan jasa dari produsen ke pemakai industry dan konsumen.
Distribusi fisik
Distribusi fisik meliputi
penetapan standar pelayanan, pemilihan model transportasi, pendesainan dan poengoperasian
fasilitas pergudangan, penanganan produk, dan pengelolaan persediaan.
·
Standar pelayanan konsumen
Standar pelayanan merupakan
tujuan yang spesifik dan harus dapat diukur, yang ditetapkan perusahaan
berkaitan dengan kegiatan distribusi fisik mereka.
·
Transportasi
Merupakan sarana untuk
pengiriman barang kepada konsumen dengan menggunakan angkutan tertentu.
Hal-hal yang dipertimbangkan
dalam menentukan jenis transportasi yang digunakan :
o Biaya
o Kecepatan pengiriman
o Jumlah lokasi yang dilayani
o Jumlah produk
o Daya tahan terhadap
kerusakan dan penyusutan
o Efisiensi penggunaan energy
(bahan bakar)
·
Pergudangan
Pergudangan berkaitan dengan
kegiatan-kegiatan dalam distribusi fisik yang meliputi penerimaan, penyimpanan,
dan pengiriman.
·
Pemrosesan pesanan
Merupakan proses penerimaan
pesanan dan persiapan pengiriman
·
Penanganan bahan/produk
Penaganan secara fisik suatu
produk selama pengangkutan dan saat dikirim digudang
·
Pengelolaan persediaan
Merupakan proses dalam
mengembangkan dan mempertahankan jumlah produk agar sesuai dengan permintaan
pelanggan
·
Distribusi bidang jasa
Merupakan pelayanan langsung
kepada pelanggan tanpa melalui perantara, karena jasa dihasilkan dan dikonsumsi
pada saat yang bersamaan.
A.
SALURAN DISTRIBUSI
Merupakan jalur atau
keseluruhan perantara pemasaran yang dilalui barang dan jasa dari produsen ke
pemakai industry maupun individu, termasuk didalamnya transportasi dan
pergudangan.
Jenis-jenis saluran distribusi pribadi/individu dan industry.
o System distribusi dilakukan
secara langsung dari produsen kekonsumen.
o System distribusi dilakukan
melalui pengecer erlebih dahulu
o System distribusi dilakukan
melalui pengecer dan pedagang besar.
o System distribusi dilakukan
melalui agen, pedangang besar, pengecer.
o System distribusi dilakukan
secara langsung kepemakai industry
o System distribusi dilakukan
melalui pedagang besar kepemakai industry
B.
MANFAAT PERANTARA PEMASARAN
Ø Manfaat waktu
Ø Manfaat tempat
Ø Manfaat kepemilikan
Kategori pengecer
Ø Departemen store
Toko pengecer besar yang
dikelola menjadi departemen-departemen terpisah, seperti peralatan rumah
tangga, peralatan olahraga, dlsb, dan menawarkan suatu lini pelayanan penuh dan
bauran produk.
Ø Discount stores
Toko penecer yang menawarkan
berbagai macam barang dagangan pada harga yang rendah dan dengan pelayanan
mimimum.
Ø Specialty stores
Toko pengecer yang hanya
menawarkan lini produk tertentu
Ø Supermarket
Toko pengecer besar dengan
system swalayan yang menyediakan berbagai macam bahan makanan dan sejumlah
nonmakanan… hero
Ø Hypermarkets
Toko pengecer yang
menggabungkan supermarket dengan discount stores.
Ø Convenience stores
Toko pengecer kecil yang
berlokasi ditempat yang nyaman dan dibuka untuk waktu yang lama, dan jumlahnya
terbatas.
Ø Catalog stores
Toko yang menyediakan
persediaan dalam jumlah banyak, dimana pembeli bisa memperoleh informasi produk
dari katalok yang dikirimkan kepada konsumen.
Ø Chain stores.
Satu dari dua atau lebih
yang sama yang dimiliki oleh perusahaan yang sama.
C.
STRATEGI DISTRIBUSI ECERAN.
Ø Strategi distribusi intensif
Jika didaerah yang sama
suatu perusahaan menempatkan produknya dibanyak tempat.
Ø Strategi distribusi selektif
Strategi distribusi yang
dilakukan secara selektif, artinya disuatu daerah pemasaran tertentu hanya
dipilih beberapa distributor jasa.
Ø Strategi distribusi eksklusif
Apabila disuatu daerah
pemasaran tertentu hanya terdapat satu atau dua distributor.
Nonstore retailing
Merupakan penjualan tanpa
toko.
Beberapa system yang temasuk Nonstore retailing
Ø Telemarketing
Merupakan system pemasaran
jarak jauh, dimana konsumen dan produsen berinteraksi secara tidak langsung
menggunakan media-media komunikasi yang ada.
Ø Vending machines
Merupakan pelayanan
menggunakan mesin, biasanya dengan system swalayan….. konsumen bisa mendapatkan
berbagai produk yang diinginkan dengan memasukkan koin kedalam dan produk yang
diinginkan akan keluar sendiri dari mesin.
Ø Door-to-door sales
Mengguanakan tenaga
penjualan untuk mendatangi konsumen dari rumah kerumah.
Ø Mail-order- retailers
Memanfaatkan jasa layanan
pos dengan menerima pesanan via surat
dan melakukan pengiriman barang via pos.
Ø Home shopping network.
Yaitu penggunaan jaringan
internet utnuk mempromosikan keberadaan produk kepada konsumen, menerima
pesanan dan memberikan layanan informasi.
D.
PROMOSI
BAURAN PROMOSI TERDIRI
DARI:
Ø
IKLAN
Ø
PERSONAL SELLING
Ø
PUBLIC RELATIONS
Ø
PUBLISITAS
Ø
PROMOSI PENJUALAN
Ø
PROMOSI DARI MULUT
KEMULUT.
|
Tujuan promosi
Ø Memberikan informasi
Ø Meningkatkan penjualan
Ø Menstabilkan penjualan
Ø Memposisikan produk
Ø Membentuk citra produk
Bauran promosi
Merupakan berbagai cara yang
ditempuh perusahaan dalam usaha memberikan informasi tentang produk dan jasa
perusahaan untuk mempengaruhi konsumen potensial agar melakukan pembelian, dan
unuk membuat konsumen tetap ingat atau setia kepada produk yang ditawarkan
perusahaan.
Bauran promosi terdiri dari:
v Iklan
Merupakan komunikasi
nonpersonal dari perusahan kepada konsumen melalui berbagai media.
Iklan dapat dikategorikan menjadi:
o Retail advertising
Merupakan iklan yang
dilakukan oleh produsen utnuk mempengaruhi konsumen akhir.
o Trade advertising
Merupakan iklan yang
dilakukan oleh produsen untuk mempengaruhi perantara pemasaran, pedagang besar,
dan pengecer.
o Industrial adbertising
Merupakan iklan yang
dilakukan oleh produsen utnuk mempengaruhi produsen lain yang mungkin
menggunakan produknya.
o Institusional advertising
Yaitu periklanan yang
ditujukan bukan untuk menjual produk, namun lebih untuk memperkenalkan
institusi atau organisasi perusahaannya.
v Personal selling (penjualan personal)
Merupakan komunikasi tatap
muka langsung untuk mempromosikan barang dan jasa, menemukan prospek penjualan,
dan memberikan pelayanan pasca penjulan
Tiga karakteristik khusus penjualan personal :
o Melibatkan hubungan yang
hidup, cepat, dan interaktif antara dua orang atau lebih.
o Memungkinkan semua jenis
hubungan berkembang menjadi lebih
mendalam sehingga meningkatkan minat pelanggan, dan
o Membuat pembeli merasa
berkewajiban untuk mendengarkan waraniaga dan memberikan respon balik.
Langkah-langkah dalam penjualan personal:
o Prospect and quality
Mengidentifikasi pelanggan
potensial, yaitu konsuman yang mempunyai kebutuhan akan produk perushaan, mampu
secara financial, dan bersedia melakukan pembelian.
o Pre approach
Berusaha menemukan apa yang
dibutuhkan oleh calon pelanggan, sikapnya terhadap produk dan merek yang ada,
karakteristik individu, dan produk dan merek yang telah digunakan.
o Approach
Malakukan kontak
pendahuluan, untuk memberikan kesan awal yang baik diperlukan kesiapan dan
pengetahuan yang memadai
o Make presentation
Melakukan presentasi,
menonjolkan keistimewaan produk disbanding pesaing, tampilan dan manfaat.
o Answer objections
Menjawab pertanyaan yang
diajukan, kemuakakan bentuk pelayanan tambahan dan jaminan yang ditawarkna
o Close sale
Mengajukan penawaran kepada
pelanggan untuk melakukan pembelian.
o Follow up
Tetap memelihara hubungan
dengan pelanggan untuk menjamin produk
telah diterima, dan menyediakan pelayanan purna jual.
v Promosi dari mulut kemulut
Terjadi jika konsumen
membicarakan tentang suatu produk, baik sisi negative maupun positifnya.
Hal-hal yang perlu dilakukan
perusahaan Untuk mengurangi efek negative dari promosi mulut.
·
Menumbuhkan cerita yang positif dengan membuat hal yang biasa menjadi
tidak biasa.
·
Melonggarkan kebijakan pengembalian produk, periksa produk sebeum
meninggalkan pabrik, gudang, atau toko.
·
Memberikan pelayanan yang lebih dibandingkan dengan apa yang diharapkan
konsumen.
·
Mendengarkan kebutuhan konsumen dan membantu mereka menyelesaikan
masalah.
·
Memperhatikan lingkaran pengaruh promosi dari mulut kemulut.
v Publick relations/hubungan masyarakat.
Merupakan fungsi manajemen
untuk menjaga hubungan baik produsen dengan konsumen.
v publisitas
merupakan segala bentuk
informasi, produk organisasi yang mengalir kemasyarakat melalui mass media
tanpa membayar dan diluar control sponsor.
Fungsi publisitas
·
Menumbuhkan kesadaran konsumen akan produk perusahaan.
·
Membentuk citra positif
·
Mendapatkan pengakuan atas karyawan dan prestasi mereka
·
Mendorong orang-orang untuk berpartisipasi dalam proyek-proyek
kemasyarakatan, atau pada saat tertentu untuk melawan pemberitaan-pemberitaan
yang negative.
v Promosi penjualan
Merupakan usaha untuk
mempengaruhi konsumen dan pihak lain melalui aktivitas-aktivitas jangka pendek, misalnya pameran, dan
pemberian contoh produk.
·
Untuk konsumen
Kupon diskon, rabat, sampel
gratis, hadiah, kupon untuk ditukar dengan hadiah, kontes, undian berhadiah.
·
Untuk perantara pemasaran
Gerobak/outlet untuk
berjualan (point-of-purchase displays), pinjaman, pameran dagang, kontes, dan
premium (kompensasi tambahan)
penggunaan software erp distribusi akan sangat memudahkan kita dalam mengelola distribusi
BalasHapus